Kamis, 24 Mei 2012

Laju Endap Darah westergreen dan wintrobe




           Darah berasal dari kata "haima", yang berasal dari akar kata hemo atau hemato. Merupakan suatu cairan yang berada di dalam tubuh yang berfungsi mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh, mengirimkan nutrisi yang dibutuhkan sel-sel, dan menjadi benteng pertahanan terhadap virus dan infeksi. Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi manusia karena berfungsi sebagai alat transportasi serta memiliki banyak kegunaan lainnya. Darah pada tubuh manusia mengandung 55% plasma darah (cairan darah) dan 45% sel-sel darah (darah padat). Jumlah darah yang ada pada tubuh kita yaitu sekitar sepertigabelas berat tubuh orang dewasa atau sekitar 4 atau 5 liter. (www.google/AsianBrain.com) Fungsi utama darah dalam sirkulasi adalah sebagai medi transportasi, pengatur dan pemelihara keseimbangan cairan asam dan basa. Sel eritrosit mampu mengangkut oksigen secara efektif. Nilai normal volume plasma dan volume eritrosit pada pria lebih tinggi daripada wanita. Nilai normal rata-rata volume eritrosit adalah sekitar 30 ml/kg pada pria dan sekitar 24 ml/kg pada wanita (Siti Boedina Kresno, 2008) 

             Laju Endap Darah (LED) LED adalah kecepatan mengendapnya sel darah merah yang diperiksa dalam suatu alat tertentu yang di nyatakan dam mm/jam. Laju Endap Darah (LED) atau dalam bahasa inggrisnya Erythrocyte Sedimentation Rate (ESR) merupakan salah satu pemeriksaan rutin untuk darah. Proses pemeriksaan sedimentasi (pengendapan) darah ini diukur dengan memasukkan darah ke dalam tabung khusus selama satu jam. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka makin tinggi Laju Endap Darah (LED)-nya. 
Proses pengendapan darah terjadi dalam 3 tahap yaitu :
a. tahap pembentukan rouleaux
b. tahap pengendapan 
c. tahap pemadatan. 
              Di laboratorium cara untuk memeriksa Laju Endap Darah (LED) yang sering dipakai adalah cara Wintrobe dan cara Weetergren. Pada cara Wintrobe nilai rujukan untuk wanita 0 — 20 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam, sedang pada cara Westergren nilai rujukan untuk wanita 0 — 15 mm/jam dan untuk pria 0 — 10 mm/jam. 
Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Laju Endap Darah (LED) adalah faktor eritrosit, faktor plasma dan faktor teknik. Jumlah eritrosit/ul darah yang kurang dari normal, ukuran eritrosit yang lebih besar dari normal dan eritrosit yang mudah beraglutinasi akan menyebabkan Laju Endap Darah (LED) cepat. Pembentukan rouleaux tergantung dari komposisi protein plasma. Peningkatan kadar fibrinogen dan globulin mempermudah pembentukan roleaux sehingga Laju Endap Darah (LED) cepat sedangkan kadar 6
albumin yang tinggi menyebabkan Laju Endap Darah (LED) lambat.

3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi LED
a. Jumlah eritrosit
b. Letak dan posisi pipet
c. Viskositas darah, bila viskositas meningkat, LED menurun
d. Temperatur, makin tinggi suhu LED cepat turun
e. Pembentukan rouleaux, bila rouleux banyak terbentuk maka LED meningkat.
f. Dehidrasi, kehilangan cairan tubuh yang berlebihan.
g. pencemaran udara

4. Pemeriksaan LED dengan Metode Westergren
a. Antikoagulan Dalam penetapan LED, diperlukan darah yang tidak membeku, sehingga biasanya digunakan antikoagulan. antikoagulan yang digunakan yaitu dengan menggunakan Na sitrat 3,8%.
b. Prinsip Pemeriksaan LED Apabila darah yang dicampur dengan antikoagulan dimasukkan ke dalam tabung westergren dan di diamkan dalam suhu kamar dan posisi tegak lurus selama satu menit, maka eritrosit akan mengendap di dasar tabung dan bagian atas tertinggal plasma. 7
c. Pengukuran LED Metode yang dipakai dalam pengukuran LED ada dua cara yaitu secara makro dan mikro. Secara makro yaitu metode crista (Hellige volmer) dan metode landau. Kedua metode ini sangat kurang popular di Indonesia. Metode westergren didapat nilai yang lebih tinggi, hal itu disebabkan karena pipet westergren yang hampir dua kali panjang pipet wintrobe.
            Pembacaan metode westergren dilihat dengan panjangnya kolom plasma di atas tiang eritrosit dengan memperhatikan beberapa hal yaitu warna plasma di atas eritrosit, kejernihan plasma misalnya menjadi keruh oleh karena hiperlipemia, lapisan leukosit pada kolom eritrosit akan meningkat oleh leukositosa dan leukimia, tajamnya batas antara darah dan plasma yang menjadi tidak tajam oleh anisositosa (Wagener, 2002). Penting sekali untuk menaruh pipet atau tabung LED dalam sikap tegak lurus, selisih kecil dari garis vertikal sudah dapat berpengaruh banyak terhadap hasil LED (R. Gandasoebrata, 2007)

5. Kesalahan Pemeriksaan LED
a. Adanya gumpalan dalam darah sehingga menyebabkan hasil LED tidak betul.
b. Gelembung-gelembung udara pada tabung sehingga menyebabkan adanya kesalahan.
c. Kemiringan tabung LED.
d. Temperatur ruang tinggi menyebabkan nilai LED meningkat dan penurunan temperatur ruangan yang besar menyebabkan nilai LED semakin turun. 


Faktor-faktor yang mempengaruhi temuan laboratorium :

Faktor yang mengurangi LED : bayi baru lahir (penurunan fibrinogen), obat (lihat pengaruh obat), gula darah tinggi, albumin serum, fosfolipid serum, kelebihan antikoagulan, penurunan suhu.
Faktor yang meningkatkan LED : kehamilan (trimester kedua dan ketiga), menstruasi, obat (lihat pengaruh obat), keberadan kolesterol, fibrinogen, globulin, peningkatan suhu, kemiringan tabung.


Masalah Klinik
Penurunan kadar : polisitemia vera, CHF, anemia sel sabit, mononukleus infeksiosa, defisiensi faktor V, artritis degeneratif, angina pektoris. Pengaruh obat : Etambutol (myambutol), kinin, salisilat (aspirin), kortison, prednison.
Peningkatan kadar : artirits reumatoid, demam rematik, MCI akut, kanker (lambung, kolon, payudara, hati, ginjal), penyakit Hodgkin, mieloma multipel, limfosarkoma, endokarditis bakterial, gout, hepatitis, sirosis hati, inflamasi panggul akut, sifilis, tuberkulosis, glomerulonefritis, penyakit hemolitik pada bayi baru lahir (eritroblastosis fetalis), SLE, kehamilan (trimester kedua dan ketiga). Pengaruh obat : Dextran, metildopa (Aldomet), metilsergid (Sansert), penisilamin (Cuprimine), prokainamid (Pronestyl), teofilin, kontrasepsi oral, vitamin A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar